Thursday, January 3, 2013

Resep Cara Membuat Martabak Telur Spesial

Resep Cara Membuat Martabak Telur Spesial - Martabak adalah salah satu makanan khas Indonesia yang paling banyak di jual hingga di pelosok daerah Indonesia. Jajanan ini sudah ada di tanah air sejak tahun 1930 yang berasal dari seorang penjual makanan asal Tegal, Jawa Tengah. Hingga saat ini martabak mengalami beberapa modifikasi.

Ada banyak jenis martabak yang di jual di pasaran, namun pada umumnya ada 2 jenis martabak yaitu martabak manis dan martabak asin. Martabak manis biasanya dbuat dari adonan tepung dengan isi ketan, cokelat, susu, keju dan sebagainya. Sedangkan mastabak asin dibuat dengan campura telur.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Resep Cara Membuat Martabak Telur Spesial. Salah satu jenis martabak asin yang rasanya super nikmat dan lezat, apalagi bagi anda yang sedang kelaparan tentu rasanya maknyoss deh, hehe.

Oke langsung saja, berikut Cara Membuatnya :

Bahan Isi Martabak

daging giling 300 gram
6 butir telur
6 sendok makan bawang bombay iris
1 batang daun bawang iris, dicampurkan saat menumis daging giling
1 sendok teh curry powder
4 batang daun bawang iris
4 bawang putih, haluskan
merica dan garam secukupnya.

Bahan Kulit Martabak

tepung terigu 100 gram
2 sendok makan telur kocok lepas (diambil dari telur untuk adonan isi)
1 sendok makan minyak/margarine cair
air matang secukupnya
garam secukupnya

Saus Martabak

1 sendok makan saus tomat
2 sendok makan kecap asin
1 sendok teh air asam jawa
1 sendok makan sambal botol (bisa diganti irisan cabai rawit hijau)
2 sendok makan air matang
irisan ketimun
garam & gula pasir secukupnya (sesuai selera)

Cara Membuat :

1. Membuat Kulit Martabak
- Masukan minyak/margarine cair, telur dan garam sambil tambahkan sedikit air, uleni adonan sampai kalis.
- Bagi menjadi 2 bagian, kemudian rendam dalam minyak goreng.
- Diamkan selama 1-2 jam. Untuk 1 jam pertama adonan harus terendam semua dalam minyak goreng, untuk 1 jam berikutnya angkat adonan yang masih terlumuri dengan minyak tempatkan dalam wadah/mangkok, dan tutup dengan kain/serbet

2. Membuat Isi Martabak
- Bawang bombay dan bawang putih ditumis terlebih dulu hinggga terasa harum. Tambahkan daging giling, curry powder,merica, garam, dan irisan 1 batang daun bawang.
- Setelah itu aduk-aduk hingga daging matang, angkat bagi menjadi 2 bagian.
- Siapkan dan kocok 4 butir telur buatorak-arik setengah matang. Sisihkan, bagi menjadi 2 bagian.

3. Membuat Saus martabak
Cara pembuatan saus martabak yaitu dengan mencampur semua bahan menjadi satu.

4. Penyelsaian
- Ambil 1 bagian adonan kulit, pipihkan dengan telapak tangan bawah jempol arah melingkar sehingga agak melebar. Pegang kedua ujung adonan, putar dari sisi kiri kekanan kembali ditempat semula berulang-ulang sehingga adonan menjadi tipis (bisa juga dengan digilas-gilas)
-  Ambil mangkok, isi dengan 1 buah telur kocok, daging giling,orak-arik telur, irisan 2 batang daun bawang,garam, merica. Aduk-aduk. Untuk adonan kulit yang kedua, kerjakan cara yang sama dengan adonan kulit yg pertama, begitu juga untuk isinya.
- Panaskan minyak di wajan ceper yang agak besar, masukkan adonan kulit yang sudah ditipiskan. Isi bagian tengahnya dengan adonan dalam mangkok tadi, lipat bagian pinggir kulit kearah tengah, hingga tertutup rapat, goreng sampai matang. Angkat. Sajikan selagi panas/hangat dengan kuahnya.

Martabak Telur Spesial di atas bisa menjadi 2 buah martabak dan 6 iris/satu martabak. Cocok untuk disajikan bagi keluarga anda dikala santai.

Selamat Mencoba di rumah.

Related Posts

Resep Cara Membuat Martabak Telur Spesial
4/ 5
Oleh