Wednesday, February 6, 2013

Tips Membuat Bakso Sapi yang Kenyal tanpa Pengawet

Jika tadi kita sudah membahas mengenai Cara Membuat Bakso Sapi, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang tips agar bakso sapi yang kita buat teksturnya kenyal dan tidak lembek. Karena saya yakin, para pembeli tidak akan menyukai bakso yang bertekstur lembek. Untuk itu dibutuhkan beberapa cara agar bakso sapi yang kita makan tersebut bisa terasa kenyal sehingga terasa nikmat.

Berikut adalah beberapa tips membuat bakso sapi agar Kenyal tanpa bahan pengawet :

Sebenarnya daging bakso bisa kenyal dengan sendirinya tanpa bahan-bahan pengawet. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih daging sapi yang segar dan belum lama disembelih. Usahakan lama daging yang baru saja disembelih tidak lebih dari 6 jam agar baksonya terasa kenyal. Jika lebih dari itu, rasa bakso akan lembek dan tidak kenyal.

Semakin lama tidak dibuat langsung menjadi bakso, maka baso yang dihasilkan akan semakin kurang kenyal bahkan lembek. Inilah rahasia sederhana untuk membuat bakso sapi yang kenyal dan lezat. Istilah gampangnya, daging sapi harus dari daging segar. Cara mengetahui apakah daging tersebut segar atau tidak adalah dengan cara memegang daging sapi. Apabila daging tersebut masih hangat berarti daging tersebut masih segar dan sangat cocok di buat bakso, apabila sudah terasa dingin maka tidak bagus dibuat bakso.

Selain dengan merasakan dagingnya, bisa juga dengan melihat daging bakso tersebut dengan kasat mata. Daging yang masih segar berwarna merah muda dan segar. Apabila sudah terlihat kehitam-hitaman maka daging tersebut sudah lama dan tidak cocok untuk dibuat bakso.

Nah jika daging segar sudah dapat, sekarang giliran membuatnya. Takaran bahan yang bagus adalah sebagai berikut :


Catatan :

1. STTP yang dipakai harus yang FOOD GRADE – fungsinya untuk pengenyal.

2. TIO2 yang dipakai harus yang FOOD GRADE – fungsinya untuk membuat bakso lebih putih (tidak terlalu hitam) – ini optional (bisa dipakai, bisa juga tidak)

3. Resep di atas adalah resep untuk sekali masuk mesin chopper bakso. Untuk skala yang lebih kecil (rumah tangga), anda dapat membaginya dengan angka 10. Sehingga anda menggunakan resep 1/10 bagian.

Nah demikian tips membuat bakso yang kenyal.
Semoga bermanfaat.



Related Posts

Tips Membuat Bakso Sapi yang Kenyal tanpa Pengawet
4/ 5
Oleh

2 comments

May 11, 2014 at 9:27 PM delete

wow.. itu mah pakai bahan kimia.. yg alami dong tanpa bahan kimia..bisa pake kanji ato apa..

Reply
avatar
August 13, 2014 at 3:21 PM delete

TEPUNG PENGENYAL BAKSO
TEPUNG PENGENYAL BAKSO adalah pengenyal bakso yang kita kenal selama ini, yaitu karagenan, STTP atau fosmix mp. Sedangkan Sagu, aren atau Tapioka apakah berfungsi sebagai TEPUNG PENGENYAL BAKSO pada pembuatan bakso?
Menurutku tepung Sagu atau Tapioka adalah komponen dalam adonan bakso yang berfungsi membuat ikatan antar protein daging, jadi kalau kita sederhanakan berfungsi seperti Perekat.
sedangkan karagenan, Sodium Tripolyphospat atau fosmix mp berfungsi untuk pengenyal adonan bakso. Untuk artikel lebih lengkapnya tentang TEPUNG PENGENYAL BAKSO:
http://www.bahanbakso.blogspot.com

Reply
avatar