Friday, September 13, 2013

Resep Membuat Abon Sapi

Semua masyarakat Indonesia tentu sudah tak asing lagi mendengar kata abon. Ya abon merupakan salah satu jenis masakan daging yang dibuat dengan cara digoreng hingga kering. Beberapa waktu yang lalu kita sudah bersama-sama membuat Abon Ikan Tuna, kali ini kita akan coba membuat masakan Abon Sapi. Resep Abon Sapi sendiri konon katanya masakan abon yang paling nikmat dan lezat.

Resep Membuat Abon Sapi
Abon Sapi dapat dengan mudah kita jumpai di berbagai daerah di Indonesia. Di warung-warung, supermarket, mini matket atau dijajakan secara keliling. Dari yang dijual dipinggir jalan sampai abon instan yang dipack secara rapih dan bermerk. Nah daripada anda membeli, masih mending yukk sama-sama kita buat aja Resep Membuat Abon Sapi berikut ini :

Bahan-bahan
  • daging sapi, 1 kilogram (tanpa lemak dan urat)
  • daun salam, 2 lmbr 
  • lengkuas, 1cm  (dimemarkan)
  • santan kental 250ml dari 1 buah kelapa
  • Air secukupnya (untuk merebus daging)
Bumbu Halus
  • ketumbar, 2 sndk makan 
  • bawang putih, 4 butir 
  • gula merah
  • garam secukupnya
Cara Membuat Abon Sapi
  1. Pertama-tama, daging bersama dengan daun salam, lengkuas dan daun salam direbus sampai empuk. Setelah matang, angkat potong-potong kecil, gepuk-gepukan sampai memar lalu siur-siur.
  2. Setelah itu, santan dipanaskan. Tambahkan daging dan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk terus sampai santan habis. sambil dibolak balik supaya abon tidak gosong.
  3. Setelah matang, angkat dan abon siap disajikan.
Bagaimana, mudah bukan cara membuatnya. Silahkan dicoba aja ya ibu-ibu sekalian. hehe.
Semoga bermanfaaat. :D

Related Posts

Resep Membuat Abon Sapi
4/ 5
Oleh

2 comments

March 22, 2014 at 7:04 AM delete

Spinner sangat membantu bagi pelaku usaha olahan makanan gorengan seperti kripik buah, kripik umbi-umbian, kripik pisang, kripik tahu, kripik tempe, abon dan lain-lain.

Kandungan minyak yang tinggi dari makanan yang digoreng tersebut menjadi kendala tersendiri bagi pelaku usaha makanan, sehingga makanan tersebut cepat tengik dan otomatis tidak layak untuk dikonsumsi. Hal ini seringkali terjadi pada makanan yang dimasak dengan temperatur tinggi atau penggunaan minyak goreng yang digunakan berulang - ulang.

Manfaat spinner (peniris minyak)
1. Mengurangi kadar minyak pada makanan gorengan
2. Dapat juga digunakan untuk mengurangi kadar air pada produk tertentu, misal : bahan baku yang dicuci dan ingin cepat kering
3. Dapat meningkatkan kualitas produk makanan lebih tahan lama (tidak cepat tengik)
4. Baik untuk kesehatan yaitu menurunkan kolestrol dalam darah akibat dari makanan yang goreng tersebut.

kunjungi http://www.indahmesin.com/produk-mesin/spinner

Reply
avatar
April 5, 2014 at 7:14 AM delete

Resep yang menarik dan patut untuk dicoba bun.
Tapi kalau anda membutuhkan abon dalam jumlah yang cukup banyak atau anda tidak ada waktu membuatnya, silahkan hubungi http://www.ptsaudaraku.com. (hehehe.., maaf promo bu)

Reply
avatar