Monday, April 28, 2014

Resep Cara Membuat Tape Ketan Hitam

Resep Cara Membuat Tape Ketan Hitam - Untuk mengisi waktu berlibur bersama keluarga tercinta di rumah sajian nikmat, lezat dan segar begitu terasa nikmat untuk membuat suasana di rumah semakin hidup. Seperti Resep Tape Ketan Hitam yang satu ini yang merupakan salah satu resep yang dapat anda coba buat sendiri di rumah. Sensasi gurih dan nikmatnya pasti dapat membuat anggota keluarga dirumah semakin sayang.


Anda semua pasti tahu tape bukan? Makanan yang satu ini adalah hasil fermentasi biasanya singkong atau ketan yakni merupakan hasil peran dari mikroorganisme terutama fungi (kapang dan jamur). Dan pada kesempatan kali ini kita akan membuat ketan hitam sebagai tape yang bakal kita buat. Anda penasaran?

Mengenai bahan-bahan yang harus anda sediakan sendiri terdiri dari bahan-bahan yang mudah ditemukan di tempat sekitar seperti diantaranya adalah beras ketan hitam, air panas, gula pasir, serta ragi tape. Ya cuma itu saja bahan-bahan pokoknya. Daripada anda penasaran mending langsung kita buat saja yuk resepnya dalam Resep Tape Ketan Hitam berikut ini :

Bahan-bahan
  • beras ketan hitam, 500gr 
  • gula pasir, 5 sendok makan atau secukupnya 
  • 2 butir ragi tape atau secukupnya
  • air panas, 400ml 
Cara Membuat Tape Ketan Hitam
  1. Pertama-tama beras ketan hitam direndam pada1 liter air selama satu malam kemudian ditiriskan. 
  2. Langkah selanjutnya beras ketan hitam dikukus sampai menguap dan siram dengan air panas, 400 mililiter dan kukus lagi selama 15 menit, lalu angkat dan biarkan mendingin.
  3. Separuh bagian beras ketan hitam diambil lalu letakan pada wadah dan ratakan.
  4. Setelah itu, taburkan ragi lagi setengahnya saja dan tambahkan gula apabila diperlukan. 
  5. Tutupi ketan yang telah anda taburi dengan ragi serta sisa setengah beras ketan tadi dan terus taburkan ragi diatasnya sampai habis. 
  6. Step terahir adalah tutup wadah ketan rapat-rapat lalu dibungkus memakai kain lap dan taruh di tempat kering juga hangat. 
  7. Fermentasi biasanya akan berlangsung selama 3 hari, apabila sudah mencapai 3 hari anda dapat langsung menyimpan tape ketan hitam kedalam kulkas agar dapat bertahan lama dan juga fermentasi tak berlebihan.
Bagaimana, mudah bukan cara membuatnya?
Selamat mencoba Resep Tape Ketan Hitam di atas.

Related Posts

Resep Cara Membuat Tape Ketan Hitam
4/ 5
Oleh