Saturday, March 23, 2013

Cara Membuat Bakso Ayam Kenyal dan Lezat

Jika beberapa hari yang lalu kita sudah membahas mengenai aneka resep bakso mulai dari Resep Bakso Sapi yang Kenyal sampai Resep Bakso bakar Malang. Nah, masih membahas seputar resep bakso, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai Cara Membuat Bakso Ayam Kenyal dan Lezat. Sensasi rasa baru bakso dengan daging ayam. Bagi anda yang belum pernah mencicipi, simaklah tutorial berikut ini mengenai cara pembuatan bakso ayam. Yukk kita tengok.

Cara Membuat Bakso Ayam Kenyal dan Lezat


Bakso apa pun itu jenisnya harus lah bertekstur kenyal supaya rasanya sudah pasti nikmat. Mengenai cara pembuatannya sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan membuat bakso sapi ataupun bakso ikan, setelah melakukan berbagai eksperimen dan menghasikan jenis bakso yang beragam, mulai dari bakso bantat atau bakso dengan permukaan berbintil hingga bakso terasa alot seperti karet ketika di kunyah, dan sebagainya.

Namun Resep Bakso Ayam kali ini memiliki rasa yang sangat sedap, bahkan tidak terasa ayamnya sama sekali, kenyal, mulus dan elastis sebagaimana yang diharapkan.  Tips nya ternyata terletak pada adonan yang di banting hingga kalis dan mulus, barulah itu di rebus menggunakan teknik berbeda dari biasanya seperti yang dibahas di bawah ini.

Tekniknya yaitu dengan menyediakan mangkuk berukuran besar, banting adonan kira-kira 10 hingga 12 kali bantingan, hingga adonan terlihat halus dan elastis ketika di sentuh dengan ujung jari. Anda penasaran kan? okey langsung saja, berikut adalah resep Cara Membuat Bakso Ayam Kenyal dan Lezat :

Bahan-bahan Bakso
  • 500gr daging ayam, bisa gunakan bagian paha atau dada
  • Air es 125 ml atau secukupnya (gunakan juga untuk merendam bakso)
  • 1 sdm kecap ikan
  • 2 sdm tepung maizena
  • garam secukupnya (1-3 sdt)
  • setengah sdm gula pasir 
  • seperempat sdt baking powder
  • setengah sdt baking soda
  • setengah sdt merica bubuk
  • setengah sdt kaldu bubuk (opsional)
  • setengah sdm minyak goreng
Bahan Kuah Bakso
  • 2 ltr air kaldu dr rebusan bakso plus tulang-tulang ayam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdt kaldu bubuk 
  • 2 btng daun bawang
  • 2 sdm kecap ikan
  • 5 buah bawang putih, dihaluskan
  • 2 sdt garam
  • bawang merah (digoreng), sebagai taburan
  • minyak untuk menumis
Cara Membuat Bakso
  1. Siapkan daging ayam (bagian paha atau dada), potong-potong kecil kemudian masukan ke dalam food prosessor atau pun alat pencincang daging biasa seperti diblender. Tambahkan 5 sendok makan air es sedikit demi sedikit hingga cincangan daging membentuk gumpalan.
  2. Setelah itu, angkat dan tuangkan kedalam mangkuk besar. Sediakan juga mangkuk berukuran kecil, masukkan sisa air es, kecap ikan, garam, gula, kaldu bubuk, baking powder, baking soda, merica, minyak goreng dan tepung maizena dalam mangkuk.
  3. Tambahkan larutan tepung ke permukaan adonan daging, aduk perlahan dan biarkan cairan terserap. Kemudian aduk sampai benar-benar merata.
  4. Sediakan mangkuk yang didalamnya berisi air es. Ambil adonan dan bantingkan ke mangkuk, jangan lupa basahi dulu tangan anda supaya tidak lengket. Lakukan sampai 10x atau sampai gumpalan adonan terlihat lembut dan kenyal. Manfaat dari membantingkan adonan ini yaitu untuk memastikan serat daging terlepas dan tidak saling menggumpal.
  5. Permukaan mangkuk di alasi dengan plastik, taruh adonan dalam freezer selama kurang lebih 30 menit.
  6. Setelah 30 menit, keluarkan adonan. Ambil 1 sdm adonan dengan menggunakan sendok lainnya dan bentuk adonan menjadi bulatan berdiameter 1,5 cm. Setelah itu masukan adonankedalam air panas. Lakukan sampai semua selesai.
  7. Setelah panci sudah dipenuhi oleh adonan, kompor dihidupkan kembali dan rebus menggunakan api kecil. Jangan sampai mendidih hingga bergolak, air dididihkan sampai mengeluarkan letupan-letupan kecil saja. Masak hingga semua bakso mengapung, aduk bakso dengan sendok pengaduk dan masak hingga matang.
  8. Jika anda belum tahu tingkat kematangan bakso, coba ambil satu bakso kemudian belah. Jika masih berwarna pink, berarti belum matang dan rebus lagi.
  9. Sediakan mangkok yang isinya air dan es batu, bakso ditiriskan menggunakan saringan kawat, air disisihkan untuk kuah bakso. 
  10. Bakso kemudian dimasukan ke dalam air berisi es, rendam sampai dingin.
  11. Bakso pun siap di santap dengan kuahnya (atau simpan dalam freezer). 

Cara Membuat Kuah Bakso
  1. Sediakan wajan, tambahkan 1 sdm minyak goreng. Tambahkan juga bawang putih, tumis sampai harum dan matang. Kemudian angkat. 
  2. Siapkan panci yang telah di isi air rebusan bakso, masukan tulang belulang ayam (jika ada). Masukan tumisan bawang putih, kecap ikan, merica bubuk dan kaldu bubuk. Rebus sampai mendidih, masukkan bakso dan daun bawang. Masak hingga matang. Cicipi rasanya. Angkat. 
  3. Sajikan bakso selagi hangat.
Tutorial Gambar Membuat Bakso Ayam Kenyal dan Lezat

Cara Membuat Bakso Ayam Kenyal dan Lezat


Cara Membuat Bakso Ayam Kenyal dan Lezat


Cara Membuat Bakso Ayam Kenyal dan Lezat


Cara Membuat Bakso Ayam Kenyal dan Lezat

Cara Membuat Bakso Ayam Kenyal dan Lezat

Selamat Mencoba.




Cara Membuat Bakso Ayam Kenyal dan Lezat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Setiawan Arrahman

1 comments:

 
Related Posts Plugin