Thursday, December 20, 2012

Cara Membuat Mpek Mpek Palembang

Cara Membuat Mpek Mpek Palembang - Pempek, Mpek-mpek atau Empek-empek adalah salah satu jajanan nusantara populer yang berasal dari kota Palembang. Makanan ini dibuat dari campuran bahan tepung sagu/terigu dengan ikan tenggiri atau gabus yang digoreng kemudian disantap dengan cuko atau kuah pempek.

Kendati berasal dari kota Palembang namun keberadaan pempek kini dapat kita temukan dimana-mana, mulai dari Bandung, Jakarta, Bogor, Semarang, hingga Surabaya. Pempek biasa di jual oleh pedagang-pedagang yang berkeliling menggunakan gerobak atau pun di sebuah rumah makan.

Pempek mengandung banyak gizi dan kaya akan protein yang baik untuk kesehatan. Cara membuatnya pun tidak terlalu sulit. Disini kami akan membahas tentang Cara Membuat Mpek Mpek Palembang. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

Bahan-bahan Pempek

25 gr Tepung terigu
400 gr tepung tapioka/kanji.
500 gr daging ikan tenggiri atau bisa juga ikan gabus
1 butir telur ayam, kocok lepas.
4 siung bawang putih
1 sdm garam
1 sdm gula pasir
1 sdm minyak goreng
100 cc air

Cara Membuat Pempek :

1. Campurkan 25 gr Tepung terigu, bawang putih, garam, dan gula pasir. Masak hingga mengental. Tambahkan sedikit minyak goreng. Masak hingga mengental, setelah itu masukan ke dalam lemari es.
2. Siapkan 500 gr daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan terlebih dahulu, birkan hingga ikan melunak. Campurkan juga dengan air dan telur kocok. Aduk-aduk dengan tangan hingga rata.
3. Keluarkan bahan dari tahap 1 dari lemari es kemudian campurkan dengan bahan tahap ke 2. Aduk-aduk hingga rata dengan tangan.
4. Tambahkan bahan C (tepung tapioka) secara bertahap, sebagian demi sebagian. Aduk dengan menggunakan jemari, cukup asal rata saja. Jangan menguleni terlalu lama, karena pempek akan menjadi keras.
5. Adonan siap dibentuk sesuai selera (kapal selam, lenjer, adaan, dll). Jika dirasa adonan terlalu lengket, maka lumuri tangan dengan tepung tapioka agar lebih mudah saat membentuk adonan. Untuk kapal selam: bulatkan adonan, lalu tekan tengahnya dan bentuk seperti mangkuk kecil, tetapi jangan terlalu tipis. Masukkan telur (dengan bantuan cangkir kecil), jangan terlalu penuh. Lalu rekatkan tepinya hingga benar-benar menyatu dan tidak bocor.
6. Masukan pempek yang sudah di bentuk kedalam air mendidih, tambahkan juga minyak goreng agar pempek tidak lengket.


Cara Membuat Cuko (Kuah pempek)

Bahan-bahan :

Asam jawa secukupnya
Cuka
Gula merah secukupnya
Bawang putih, dihaluskan
Cabe rawit, dihaluskan
Ebi, dihaluskan
Tongcai.
Air secukupnya
Garam secukupnya

1. Rebus gula merah dan asam dalam air, hingga gula larut.
2. Tambahkan bahan-bahan lain, kemudian didihkan.
3. Seebelum disajikan saring terlebih dahulu
4. Tambahkan timun yang terlebih dulu di iris kotak-kotak.
5. Coku siap disajikan bersama pempek

Masakan Pempek di atas bisa sebagai menu selingan di saat santai untuk keluarga anda.

Demikian informasi tentang Cara Membuat Mpek Mpek Palembang. Semoga bermanfaat.
Selamat Mencoba.

Related Posts

Cara Membuat Mpek Mpek Palembang
4/ 5
Oleh