Sunday, August 17, 2014

Cara Membuat Ketupat Lebaran

Cara Membuat Ketupat Lebaran – Membicarakan mengenai ketupat pasti berhubungan dengan hari-hari istimewa seperti lebaran. Menu ini harus ada dalam menu lebaran seperti menu wajib yang tidak boleh terlupakan. Ketupat lebaran akan lebih nikmat disajikan bersama dengan kuah opor atau kuah gulai dan pasti akan ketagihan sehingga ingin tambah lagi. Resep cara mebuat ketupat lebaran akan sedikit rumit apabila belum pernah membuat sebelumnya.


Akan tetapi jangan khawatir karena pada kesempatan kali ini akan dibagikan cara membuat ketupat lebaran. Walaupun nampak sulit jika dilakukan dengan benar akan menghasilkan ketupat lebaran yang padat dan kenyal. Jadi, ketika lebaran mendatang bisa mempraktikan cara membuat ketupat lebaran sendiri dirumah untuk disajikan dan dinikmati bersama keluarga besar.

Resep cara membuat ketupat lebaran kenyal

Bahan-bahan yang diperlukan
  • 1 liter beras kualitas bagus
  • 10 bungkus ketupat
  • Garam secukupnya
Cara membuat Ketupat Lebaran

Langkah awal adalah dengan mencuci beras lalu direndam selama kurang lebih 2-3 jam jangan lupa menaburkan garam secukupnya.
Setelah direndam, beras ditiriskan dan mulailah mengisi bungkus ketupat dengan porsi  sepertiga atau setengah penuh dari besarnya bungkus ketupat. Lakukan hingga semua bungkus ketupat habis terisi.
Letakkan ketupat dalam panci besar dan di isi air hingga penuh.
Masak ketupat hingga matang selama 4-5 jam, apabila air berkurang bisa ditambah hingga ketupat benar-benar matang, angkat, tiriskan dengan cara menggantung agar airnya tiris dengan sempurna.

Untuk resep cara membuat ketupat lebaran, pilihlah daun ketupat dengan anyaman bagus dan sempurna agar hasilnya tampak cantik. Kemudian, pada saat merendam beras, campurkan dengan air kapur sirih agar hasil ketupat menjadi lebih kenyal sekaligus awet. Membuat ketupat sendiri memang melelahkan dan memakan waktu lama, tapi akan menyenangkan setelah semuanya matang dan siap disantap dengan kuah opor.

Demikianlah resep cara membuat ketupat lebaran yang kenyal dan tahan beberapa hari. Selamat mencoba membuat ketupat  lebaran sendiri dirumah.

Related Posts

Cara Membuat Ketupat Lebaran
4/ 5
Oleh

2 comments

August 23, 2014 at 1:45 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
August 25, 2014 at 1:28 PM delete

keren gan. saya juga punya info nih tempat terbaik untuk membeli softlens . saya sudah melihat produknya bagus dan gratis ongkos kirim
ayo cekidot Softlens Online

Reply
avatar