Monday, August 18, 2014

Cara Membuat Pastel Mini Isi Abon

Cara Membuat Pastel Mini Isi Abon – Pastel mini bisa dijadikan sebagai camilan gurih untuk menemani waktu santai sendiri atau bersama keluarga. Jika biasanya untuk bisa menikmati pastel mini isi abon harus membeli terlebih dahulu di swalayan atu kios roti kering, untuk sekarang ini tidak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri pastel mini isi abon. Cara membuat pastel mini isi abon cukup mudah dengan mengikuti resep yang sudah ada.



Cara Membuat Pastel Mini Isi Abon Gurih

Bahan kulit pastel mini
  • 250 gr terigu protein rendah
  • 50 gr margarin dicairkan
  • 1 butir telur
  • 50 – 75 ml air tergantung kebutuhan pemakaian
  • Garam secukupnya + penyedap rasa jika suka
  • Minyak goreng
Bahan isi pastel mini
  • 100 gr abon ayam atau sapi
Langkah membuat pastel mini isi abon
  1. Aduk terigu, garam, telur, aduk hingga merata semuanya.
  2. Campurkan margarin dalam keadaan panas, aduk menggunakan sendok.
  3. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan berbentuk gumpalan, tidak perlu hingga kalis (dalam resep ini air yang digunakan cukup 50 ml saja).
  4. Giling dengan penggiling mie hingga tipis lalu potong sesuai ukuran cetakan pastel mini.
  5. Ambil potongan kulit pastel mini dan letakan dalam cetakan pastel, jika tidak memiliki cetakan khusus bisa menggunakan tutup botong sesuai ukuran.
  6. Isi kulit dengan abon ayam atau abon sapi dan lipat lalu pilin ujungnya seperti pastel hingga tidak mudah terbuka pada saat digoreng
  7. Setelah selesai letakkan pada loyang bertabur tepung biar tidak lengket. Lakukan terus hingga adonan kulit pastel habis.
  8. Langkah selanjutnya adalah panaskan wajan yang sudah diisi minyak goreng. Goreng pastel hingga kering dengan warna coklat keemasan, setelah matang angkat dan tiriskan.

Untuk menikmati pastel mini tunggu hingga dingin lalu simpan dalam toples biar tetap terjaga kerenyahannya. Demikianlah cara membuat pastel mini isi abon gurih dengan mudah dan praktis. Selamat mencoba.

Related Posts

Cara Membuat Pastel Mini Isi Abon
4/ 5
Oleh