Tuesday, August 19, 2014

Resep Ayam Goreng Kremes Suharti

Resep Ayam Goreng Kremes Suharti – Ayam goreng suharti adalah ayam goreng kremes yang sangat populer di kota Yogyakarta. Kepopuleran ayam goreng kremes suharti tidak hanya disekitar kota Yogyakarta saja melainkan hampir diseluruh Indonesia. Oleh sebab itu, resep ayam goreng kremes suharti sangat dicari untuk bisa menikmati gurihnya olahan ayam goreng kremes.

Memasak resep ayam goreng kremes suharti, prosesnya hampir sama seperti memasak resep ayam goreng bumbu kuning. Perbedaannya adalah proses mengungkep ayam goreng untuk memperoleh kaldu ayam yang nantinya digunakan untuk membuat kremesan. Nah, untuk mengetahui resep ayam goreng kremes suharti, berikut ini akan dibagikan resep dan cara mengolahnya secara detail.



Membuat Resep Ayam Goreng Kremes Suharti

Bahan-bahan utama
  • 1 ekor ayam dibagi 4 bagian
  • 1 btng serai, dimemarkan + 2 lbr daun salam
  • Garam + tapioka secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng
Bahan bumbu yang duhaluskan
  • 12 siung bawang merah + 5 siung bawang putih
  • 4 biji kemiri, disangrai
  • 2 cm jahe + 2 buah kunyit + 2 cm lengkuas
  • ½ sdt gula pasir + 2 sdt garam + ½ sdt penyedap
Cara dan proses pembutannya
  1. Ayam yang sudah dibersihkan dimarinasi dengan garam hingga rata dan simpan dalam lemari es selama 1 jam agar meresap
  2. haluskan semua bumbu yang sudah dipersiapkan, tumis dengan sedikit minyak hingga harum, masukkan serei, daun salam, dan air. Banyaknya air disesuaikan hingga ayam benar-benar terendam semua apabila dimasukkan.
  3. Masukkan daging ayam seraya diaduk dan biarkan hingga mendidih. Setelah itu, ungkep daging ayam hingga matang dan empuk dengan api sedang.
  4. Ketika ayamnya sudah empuk, matikan api, tiriskan ayam goreng (air kaldunya sisa ungkepan jangan di buang).
  5. Panaskan minyak goreng, gorang ayam sampai berwarna coklat keemasan, angkat tiriskan. (banyaknya minyak goreng harus bisa merendam ayam agar warnanya merata)
  6. Sekarang membuat kremesan – air kaldu sisa ungkepan ayam diambil secukupnya, tambahkan tepung tapioka secukupnya dan aduk merata. Panaskan kembali minyak, goreng kremesan hingga menggumpal dan berubah warna kecoklatan, angkat, tiriskan.
Resep ayam goreng kremes suharti sudah selesai dan siap disantap. Lengkapi dengan sambal terasi pedas, lalapan, nasi putih hangat. Selamat mencoba!

Related Posts

Resep Ayam Goreng Kremes Suharti
4/ 5
Oleh