Friday, September 12, 2014

Resep Kue Gemblong Ketan Hitam

Resep kue gemblong ketan hitam – Cobalah membuat penganan praktis ini dirumah, pasti akan ketagihan karena rasanya yang enak. Nama kue ini adalah kue gemblong. Jajanan pasar yang satu ini berbahan dasar tepung ketan, baik ketan hitam ataupun ketan putih. Rasanya manis dan gurih, perpaduan antara manis gula dan gurihnya kelapa parut dalam satu adonan kue gemblong.


Resep kue gemblong ketan hitam bisa dibuat oleh siapa saja, baik yang sudah terbiasa membuat kue atau orang yang baru belajar memasak dan membuat kue. Untuk menghindari olahan menjadi gagal, bacalah dengan teliti setiap bahan yang tertulis dalam resep kue gemblong ketan hitam sebagai solusi anti gagal. Untuk mendapatkan resepnya sangat mudah, cukup membaca artikel ini sampai habis karena disini akan dibagikan bagaimana cara dan resep kue gemblong ketan hitam enak dan gurih.

Bahan-bahan yang diperlukan dalam resep kue gemblong ketan hitam

Bahan-bahan utama
  • Tepung ketan hitam dan tepung ketan putih (masing-masing 100 gr)
  • 100 gr kelapa parut + ½ sdt garam
  • 150 ml santan dari ½ butir kelapa (gunakan air hangat)
  • Minyak goreng untuk menggoreng
Bahan lapisan
  • 200 gr gula pasir
  • ¼ sdt garam + 2 lbr daun pandan diikat simpul
  • 150 ml air
Proses pembuatannya
  1. Campurkan semua bahan kering seperti tepung ketan hitam + putih, garam, kelapa parut, aduk sampai rata.
  2. Masukkan santan sedikit-sedikit seraya diuleni hingga kalis. Ambil sedikit adonan, kepal membentuk oval pipih sampai semua adonan habis
  3. Panaskan minyak goreng, goreng kue gemblong dengan api sedang hingga matang dan berwarna coklat keemasan, angkat, tiriskan, dinginkan
  4. Membuat pelapis kue gemblong – panaskan air, gula, daun pandan, garam, dengan terus mengaduknya hingga berbusa dan mengental.
  5. Masukkan kue gemblong yang sudah digoreng kedalam cairan gula, aduk terus hingga semua kue gemblong tertutupi gula dan mengering. Matikan api.
  6. Kue gemblong enak sudah siap dinikmati.
Itulah bahan dan cara membuat resep kue gemblong ketan hitam dengan mudah dan praktis. Kue ini akan lebih nikmat dinikmati selagi masih hangat bersama segelas teh hangat. Selamat menikmati!

Related Posts

Resep Kue Gemblong Ketan Hitam
4/ 5
Oleh