Thursday, September 11, 2014

Resep Cara Membuat Kue Dadar Gulung

Resep Kue Dadar Gulung – Kue dadar gulung biasanya berwarna hijau dan wangi pandan dengan isi kelapa parut bercampur gula merah. Kue ini merupakan salah satu jajanan pasar yang digemari karena rasanya manis dan gurih. Walaupun ada beberapa variasi isi kue dadar gulung, isi kelapa tetap menjadi favorit nomor satu. Resep kue dadar gulung termasuk mudah untuk dibuat serta tidak memerlukan banyak bahan.


Kue dadar gulung akan menjadi olahan nikmat apabila ibu-ibu bisa mengkreasikannya dengan unik. Akan tetapi, apabila masih dalam tahap belajar, resep berikut ini bisa dijadikan sebagai referensi yang baik. Untuk membuat kue dadar berdasarkan resep kue dadar gulung berikut ini, yang harus dilakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Diantaranya adalah:
Bahan untuk isi
  • 200 gr kelapa tidak terlalu tua diparut
  • 100 gr gula aren + 30 gr gula pasir
  • 50 ml air + ¼ sendok the garam
Bahan untuk kulit dadar gulung
  • 225 gr terigu
  • 30 gr tapioka
  • 250 ml santan kental dari ½ biji kelapa
  • 3 butir telur dikocok lepas
  • 75 ml air daun pandan/suji + ½ sendok the garam
Cara membuat resep kue dadar gulung
  1. Isi – masukkan air, kelapa parut, garam, gula aren, gula pasir dalam panci dan masak seraya terus diaduk hingga mengering dan kalis, angkat sisihkan
  2. Kulit – campurkan terigu, tapioka, garam, santan, air daun pandan/suji, telur, aduk semua bahan menjadi satu dan rata sehingga tidak ada tepung yang menggumpal.
  3. Panaskan wajan anti lengket, masak dadar kulit dadar gulung dengan tipis hingga semua adonan habis.
  4. Ambil selembar kulit kue dadar gulung, tambahkan isi, lipat seperti membuat amplop, kerjakan hingga semua kulit habis.
Sebagai catatan, ketika membuat resep kue dadar gulung, jangan memanaskan wajan terlalu panas karena akan membentuk lubang-lubang besar pada hasil kulit yang dimasak, akan lebih baik jika kecilkan api terlebih dahulu baru mulai memasak kulitnya. Demikianlah resep kue dadar gulung isi kelapa yang enak dan praktis. Selamat mencoba.

Related Posts

Resep Cara Membuat Kue Dadar Gulung
4/ 5
Oleh