Tuesday, March 19, 2013

Cara Membuat Bakso Ikan Kenyal dan Lezat

Cara Membuat Bakso Ikan Kenyal dan Lezat
Bakso adalah salah satu makanan khas tanah air, selain bakso sapi terdapat juga jenis bakso yang lain diantaranya adalah bakso ikan. Rasanya tak kalah nikmat dengan bakso sapi. Sekarang ini, keberadaannya dapat dengan mudah kita temui dimana-mana karena penjual bakso ikan sendiri yang pada umumnya berjualan bakso dengan cara berkeliling dari kampung ke kampung.

Cara pembuatannya sendiri cukup mudah namun tidak sedikit dari juga mereka yang menemukan banyak kesulitan dan belum berhasil membuat bakso ikan. Bahkan tak jarang banyak juga yang mendapatkan bakso yang kurang memuaskan. Nah, disini kami akan berbagi mengenai cara membuat bakso ikan yang kenyal dan lezat.

Mengenai kualitas bakso ikan yang dibuat itu akan sangat bergantung kepada daging ikan yang digunakan. Semakin segar ikan yang digunakan, semakin baik dan lezat pula bakso yang dihasilkan. Jadi ikan yang segar adalah kunci utama membuat baksi dengan kualitas jempolan dan nikmat tentunya. Untuk jenis ikan yang digunakan untuk membuat bakso di usahakan menggunakan ikan yang dagingnya tebal seperti ikan tenggiri, kakap, cucut, bloso, ekor kuning dan lain-lain.

Yukk langsung aja kita buat Bakso Ikan Kenyal dan Lezat :

Bahan-bahan : 1 ekor ikan segar (disini saya memakai ikan tenggiri)

Bahan-bahan tambahan :
  • Tepung tapioka 10-15%
  • Penyedap rasa 0,75%
  • Bawang putih 2%
  • Garam 2-3%
  • Merica 0,5%
Cara Membuat :
  1. Bersihkan ikan segar, pisahkan antara daging dan durinya dengan cara menyayat memanjang pada bagian punggung hingga terbagi dua.
  2. Ambil daging dengan cara dikerok menggunakan sendok.
  3. Bersihkan daging dengan cara menghancurkannya dari bagian-bagian yang tidak dikehendaki seperti kulit, duri dan tulang.
  4. Sediakan larutan garam atau bernama lain brine dengan perbandingan air, es dan ikan adalah 4 : 1 : 1 dan konsentrasi garam 0,2 – 0,3 .
  5. Masukan daging ikan dalam larutan tersebut, rendam hingga hingga kurang lebih 15 menit sambil aduk-aduk.
  6. Jika terlihat ada lemak yang mengapung dipermukaan, buang.
  7. Tahap selanjutnya adalah dengan melakukan pengepresan / pemerasaan dengan menggunakan kain kasa.
  8. Proses perendaman tersebut dilakukan sebanyak 2-3 kali.
  9. Lumatkan daging ikan dengan cara ditumbuk dalam lumping atau menggunakan alat penggiling daging sambil diberi garam dengan takaran ( 2 – 3 %).
  10. Haluskan bumbu-bumbu ke dalam daging lumat sambil diuleni dan tambahkan tapioca sedikit demi sedikit.
  11. Aduk-aduk sampai sampai homogeny dan tidak lengket.
  12. Agar adonan terlihat lebih elastis bisa dengan menambahkan 1 butir telur ambil putih telurnya saja untuk setiap 1 kg adonan.
  13. Tahap selanjutnya adalah pencetakan. Caranya dengan memasukan adonan ke kepalan tangan, kemudian tekan dan akan keluar bakso berbentuk bulat, sesuaikan ukuran. Angkat dengan sendok dan sedikit diratakan
  14. Setelah itu, didihkan air di suhu sekitar 49 derajat celcius (hangat tidak terlalu panas). Biarkan selama 20 menit. Masukan bulatan bakso yang telah kita cetak tadi.
  15. Nah barulah bakso direbus kedalam air mendidih sampai terlihat mengapung
  16. Bakso yang telah matang di angkat, kemudian masukan kedalam air yang dingin (air es) selama 15 menit.
  17. Angkat dan tiriskan.
Cara Penyajian :
  1. Bakso ikan bisa disajikan secara langsung dengan saus dan kecap. Dan jika ingin menyajikannya dengan kuah, maka terlebih dahulu kita buat kuahnya yaitu dengan merebus sisa-sisa penyiangan tadi seperti kepala ikan, tulang, kemudian diberikan bumbu yang telah dihaluskan seperti merica, bawang putih dan garam.
  2. Bumbu penyedap kuahnya antara lain bawang goreng, tongcai, saos tomat, cabe/sambal, kecap, cuka, sayur caisim
Demikian di atas tadi adalah Cara Membuat Bakso Ikan Kenyal dan Lezat.
Selamat mencoba.


Related Posts

Cara Membuat Bakso Ikan Kenyal dan Lezat
4/ 5
Oleh

2 comments